Entri Populer

Minggu, 03 April 2011

Kegunaan

Kegunaan adalah nilai fungsi dari suatu benda atau yang dapat membantu memudahkan, memperingan,mempunyai makna atau arti dari hal tersebut.

Memang terlihat jelas bila kegiatan sampul-menyampul buku itu tidak sangat sekali nampak kegunaan objektif dan subjektifnya. Namun jangan bilang bila tidak ada sama sekali kegunaan dari kegiatan sampul-menyampul buu itu sendiri. Karena terbilang jelas bila menyampul adalah kegiatan berseni yang memiliki nilai positif. Nilai positif itulah yang menjadi nilai subjektif bagi mereka yang menyenangi atau gemar dan bahkan hobi dengan menyampul buku-buku mereka. Namun, dimanakah nilai kegunaan objektif dari sampul buku itu sendiri ? Banyak sekali tentunya nilai fungsi objektif dari sampul itu sendiri. Satu diantaranya yang bisa disebutkan sebelumnya adalah, bila mereka menyampul buku, maka nilai fungsi objektifnya adalah sampul itu akan melindungi buku itu sendiri dari kerusakan, dan mengawetkan buku mereka.

Beberapa kegunaan yang umumnya ditimbulkan dari sampul buku itu adalah sebagai berikut :

1. Melindungi buku dari kerusakan dan cacat.
2. Memperindah dan menggambarkan prilaku penyampulnya.
3. Bernilai positif bagi pemiliknya. Seperti menambah keinginan untuk selalu
membaca buku-buku mereka itu yang tersampul.
4. Meningkatkan kreatifitas dan kecerdasan dalam berusaha mengkreatifitaskan buku.
5. Membuat mereka menjadi lebih peduli akan hal-hal yang kecil, seperti menyampul
buku.
6. Menggambarkan sikap cinta terhadap buku.
7. Menjauhkan buku dari kotoran, khususnya debu.
8. Memperawet usia fisik buku.
9. Mencegah buku dari kehilangan.


Dari kesembilan kegunaan diatas dari apa-apa gunanya menyampul buku itu sendiri, terlihat bahwa menyampul selalu memberikan nilai guna positif bagi mereka yang mau repot melakukannya. Bagi yang tidak, mereka lah yang kurang peduli, namun tidak bisa disalahkan pula.
Jadi ambilah semua kegunaan-kegunaan positif dari kegiatan sampul-menyampul buku tersebut dengan begitu kebiasaan positif ini dapat kita tularkan kepada orang-orang lain yang mau peduli.

1 komentar: